4 kepribadian manusia (sanguin, koleris, melankolis dan plegmatis)

Bismillahirrohmanirrohim …..
Di bawah ini adalah penjelasan tentang kepribadian manusia yang diajarkan dalam mata kuliah interpersonal skill, daripada banyak omong langsung aja gan :

4 kepribadian yang terdapat dalam diri manusia antara lain:

Sanguin → dijuluki si “Populer” karena pandai persuasif dan ingin terkenal.
Koleris → dijuluki si “Kuat” karena sering dominan dan kompetitif.
Melankolis → dijuluki si “Sempurna” karena perfeksionis dan serba teratur.
Plegmatis → dijuluki si “Cinta Damai” karena kesetiaannya dan menghindari konflik.

4 kepribadian diatas tidak ada yang lebih bagus atau lebih jelek, sebab masing-masing memiliki kekuatan dan kelemahan. Sekarang mari kita ulas kekuatan dan kelemahan dari 4 kepribadian tersebut.

SANGUIN

Kekuatan :

Suka bicara.
Secara fisik memegang pendengar, emosional dan demonstratif.
Antusias dan ekspresif.
Ceria dan penuh rasa ingin tahu.
Hidup di masa sekarang.
Mudah berubah (banyak kegiatan / keinginan).
Berhati tulus dan kekanak-kanakan.
Senang kumpul dan berkumpul (untuk bertemu dan bicara).
Umumnya hebat di permukaan.
Mudah berteman dan menyukai orang lain.
Senang dengan pujian dan ingin menjadi perhatian.
Menyenangkan dan dicemburui orang lain.
Mudah memaafkan (dan tidak menyimpan dendam).
Mengambil inisiatif/ menghindar dari hal-hal atau keadaan yang membosankan.
Menyukai hal-hal yang spontan.

Kelemahan :

Suara dan tertawa yang keras (bahkan terlalu keras).
Membesar-besarkan suatu hal / kejadian.
Susah untuk diam.
Mudah ikut-ikutan atau dikendalikan oleh keadaan atau orang lain (suka ikutan Gank).
Sering minta persetujuan, termasuk hal-hal yang sepele.
RKP (Rentang Konsentrasi Pendek) alias pelupa.
Dalam bekerja lebih suka bicara dan melupakan kewajiban (awalnya saja antusias).
Mudah berubah-ubah.
Susah datang tepat waktu jam kantor.
Prioritas kegiatan kacau.
Mendominasi percakapan, suka menyela dan susah mendengarkan dengan tuntas.
Sering mengambil permasalahan orang lain, menjadi seolah-olah masalahnya.
Egoistis alias suka mementingkan diri sendiri.
Sering berdalih dan mengulangi cerita-cerita yg sama.
Konsentrasi ke “How to spend money” daripada “How to earn/save money”.

KOLERIS

Kekuatan :

Senang memimpin, membuat keputusan, dinamis dan aktif.
Sangat memerlukan perubahan dan harus mengoreksi kesalahan.
Berkemauan keras dan pasti untuk mencapai sasaran/ target.
Bebas dan mandiri.
Berani menghadapi tantangan dan masalah.
“Hari ini harus lebih baik dari kemarin, hari esok harus lebih baik dari hari ini”.
Mencari pemecahan praktis dan bergerak cepat.
Mendelegasikan pekerjaan dan orientasi berfokus pada produktivitas.
Membuat dan menentukan tujuan.
Terdorong oleh tantangan dan tantangan.
Tidak begitu perlu teman.
Mau memimpin dan mengorganisasi.
Biasanya benar dan punya visi ke depan.
Unggul dalam keadaan darurat.

Kelemahan :

Tidak sabar dan cepat marah (kasar dan tidak taktis).
Senang memerintah.
Terlalu bergairah dan tidak/susah untuk santai.
Menyukai kontroversi dan pertengkaran.
Terlalu kaku dan kuat/ keras.
Tidak menyukai air mata dan emosi tidak simpatik.
Tidak suka yang sepele dan bertele-tele / terlalu rinci.
Sering membuat keputusan tergesa-gesa.
Memanipulasi dan menuntut orang lain, cenderung memperalat orang lain.
Menghalalkan segala cara demi tercapainya tujuan.
Workaholics (cinta mati dengan pekerjaan).
Amat sulit mengaku salah dan meminta maaf.
Mungkin selalu benar tetapi tidak populer.

MELANKOLIS

Kekuatan :

Analitis, mendalam, dan penuh pikiran.
Serius dan bertujuan, serta berorientasi jadwal.
Artistik, musikal dan kreatif (filsafat & puitis).
Sensitif.
Mau mengorbankan diri dan idealis.
Standar tinggi dan perfeksionis.
Senang perincian/memerinci, tekun, serba tertib dan teratur (rapi).
Hemat.
Melihat masalah dan mencari solusi pemecahan kreatif (sering terlalu kreatif).
Kalau sudah mulai, dituntaskan.
Berteman dengan hati-hati.
Puas di belakang layar, menghindari perhatian.
Mau mendengar keluhan, setia dan mengabdi.
Sangat memperhatikan orang lain.

Kelemahan :

Cenderung melihat masalah dari sisi negatif (murung dan tertekan).
Mengingat yang negatif & pendendam.
Mudah merasa bersalah dan memiliki citra diri rendah.
Lebih menekankan pada cara daripada tercapainya tujuan.
Tertekan pada situasi yg tidak sempurna dan berubah-ubah.
Melewatkan banyak waktu untuk menganalisa dan merencanakan.
Standar yang terlalu tinggi sehingga sulit disenangkan.
Hidup berdasarkan definisi.
Sulit bersosialisasi (cenderung pilih-pilih).
Tukang kritik, tetapi sensitif terhadap kritik/ yg menentang dirinya.
Sulit mengungkapkan perasaan (cenderung menahan kasih sayang).
Rasa curiga yg besar (skeptis terhadap pujian).
Memerlukan persetujuan.

PLEGMATIS

Kekuatan :

Mudah bergaul, santai, tenang dan teguh.
Sabar, seimbang, dan pendengar yang baik.
Tidak banyak bicara, tetapi cenderung bijaksana.
Simpatik dan baik hati (sering menyembunyikan emosi).
Kuat di bidang administrasi, dan cenderung ingin segalanya terorganisasi.
Penengah masalah yg baik.
Cenderung berusaha menemukan cara termudah.
Baik di bawah tekanan.
Menyenangkan dan tidak suka menyinggung perasaan.
Rasa humor yg tajam.
Senang melihat dan mengawasi.
Berbelaskasihan dan peduli.
Mudah diajak rukun dan damai.

Kelemahan :

Kurang antusias, terutama terhadap perubahan/ kegiatan baru.
Takut dan khawatir.
Menghindari konflik dan tanggung jawab.
Keras kepala, sulit kompromi (karena merasa benar).
Terlalu pemalu dan pendiam.
Humor kering dan mengejek (Sarkatis).
Kurang berorientasi pada tujuan.
Sulit bergerak dan kurang memotivasi diri.
Lebih suka sebagai penonton daripada terlibat.
Tidak senang didesak-desak.
Menunda-nunda / menggantungkan masalah.

Sekian dan terima kasih. . . semoga bermanfaat gan..:D
Wassalamu ‘alaikum wr wb ….

Iklan

Miskin dan Sederhana ala Cak Lontong

Beberapa waktu lalu saya putar kembali stand up comedy Cak Lontong di Metro TV.

Cak Lontong

Dua orang yang saya sukai di acara ini yaitu Cak Lontong dengan salam Lempernya dan Setiawan Tiada Tara dengan gelarnya Motivator Humor, karena kedua orang ini bahan lawakannya cerdas dan bermutu.

Nah kali ini beberapa kutipan cerdas dari Cak Lontong

Kalo mau lihat Video Stand-Up-nya silahkan klik di sini!

1. Miskin dan Sederhana, apakah sama?
Beda, Miskin itu kondisi hidup, Sederhana itu adalah cara hidup.

Saat ditanya kenapa koq makan di warung gak makan direstoran, miskin ya? (Jawabannya) saya sederhana,
Kenapa koq belanja di pasar ular bukan di Mall, miskin ya? (Jawabannya) saya sederhana,
kenapa koq sering naik angkot ga bawa mobil sendiri, miskin ya? (Jawabannya) saya sederhana.
Di sini saya tegaskan Cak Lontong adalah orang sederhana yang miskin.

2. Perilaku kita akan menunjukan siapakah kita.
Anda jangan mentertawakan, saya tidak tahu apakah anda mampu atau kaya, tapi kalau saya lihat perilaku anda tidak menunjukan itu. Tadi anda datang kemudian di-absen ambil nasi bok dan anda makan, itu bukan menunjukan perilaku orang mampu, jika anda orang mampu, ambil nasi bok berikan pada yang miskin yaitu saya, biar saya bawa pulang.

3. Kesiapan setelah mencapai tujuan lebih penting dari sekedar punya tujuan.
Apakah miskin bisa dirubah? Bisa.
Miskin itu kondisi hidup bisa dirubah. Teman saya, menjadi stand-up komedian biar sukses dan terkenal.
(Ditegaskan) Tapi yang lebih penting adalah kesiapan anda ketika anda telah menjadi terkenal dan sukses.
Karena temen saya itu ternyata tidak siap, setiap pergi kemana-mana pake kacamata, pake topi supaya tidak dikenali orang. Kalo ada yang tanya PIN BB nya? (Jawabnya) Jangan sembarang kasih PIN BB gua. Itulah orang yang punya tujuan tapi tidak siap ketika dia sudah mencapai tujuan.

4. Sederahana berjalan sejajar dengan Bijaksana
Apa yang harus kita lakukan pada kondisi ini? Hanya satu kuncinya “Sederhana”
Sederhana itu belum tentu berjalan sejajar dengan orang miskin, belum tentu juga sederhana dengan orang kaya maupun sukses, tetapi sederhana berjalan sejajar dengan orang yang bijaksana. Maka jadilah orang yang sederhana supaya bijaksana.

Orang sederhana itu tidak berlebihan atau jaman sekarang istilahnya Lebay.

5. Hidup adalah rangkaian waktu

Dan ternyata penyakit lebay itu tidak hanya terjadi pada orang kaya, tetapi pada orang miskin juga.
Tetangga saya, miskin dan dia tidak kerja, ketika ditanya kenapa ga kerja ? Ga ada ongkos,.
Karena kita simpatik kita beri ongkos.
Masih belum berangkat kerja.

Kenapa ga kerja, kan sudah ada ongkos.
Ga ada Baju sama sepatu
Kita belikan juga baju dan sepatu. Gak berangkat juga.

Sekarang sudah punya ongkos, sudah punya baju dan sudah punya sepatu koq ga berangkat kerja.
Saya orang ga punya, saya ga punya waktu untuk kerja….
itukan lebay..
Karena hidup itu dari rangkaian waktu..kenapa koq bisa jawab ga punya waktu.?!?!?

6. Hidup itu adalah pilihan
Ini yang harus diingat.
Hidup ini adalah pilihan, anda harus memilihnya sekarang
Atau pilihan itu yang akan menentukan hidup anda, Itu akan sakit… mikir!

7. Tirulah Teori Maling
Bila anda tidak mencapai suatu kebahagiaan, dan bila pintu itu tertutup buat anda.
Sadarlah bahwa ada pintu lain yang terbuka,
tapi karena kita terlalu sering terpaku pada pintu yang tertutup kita tidak melihat pintu kebahagiaan lain yang terbuka.
Ada baiknya Tiru teori maling ketika dia menemukan pintu tertutup dia akan berusaha mencari pintu lain yang terbuka.

8. Jadilah orang yang tergerak bukan sekedar terharu

Jadi orang jangan mudah terharu tapi jadilah orang yang mudah tersentuh dan tergerak hatinya.
Orang terharu kalo melihat kemiskinan yang pertama kali diambil adalah sapu tangan.
Orang yang tergerak hatinya, begitu melihat kemiskinan yang pertama kali diambil adalah dompetnya
Tapi ada satu hal yang tidak boleh anda tiru,
Ada orang yang begitu melihat keramaian yang pertama diambil adalah dompet orang lain..Itu copet

9. Kenali diri anda supaya anda bisa mengenali orang lain.

Kenali diri anda supaya anda bisa mengenali orang lain.
Salam lemper!

Ketika Programmer Ingin Mengungkapkan Cintanya

Programmer

Banyak cara untuk mengungkapkan sebuah perasaan kepada seseorang, baik itu melalui tulisan, lisan, bahkan yang terbaru saat ini adalah menggunakan teknologi, sms dan animasi flash c0ntohnya, atau yang paling gila.. Ngehack/merusak tampilan halaman situs sebuah institusi atau badan pribadi/usaha sebagai tanda ungkapan cinta nya kepada seseorang tersebut.. hahaa, gila bukan. Tapi itulah “CINTA” , semua bisa dibuat gila karna nya. :piss:
..Baca Selengkapnya di sini!

Keluarga Bahagia

Istri
Ihwan Fillah Yang Allah Muliakan.

Keluarga bahagia dimulai oleh kasih sayang pemimpinnya yaitu suami yang sangat bertanggungjawab.

Suami yang berwibawa adalah suami yang dihormati dan ditaati oleh anak istrinya.

Karena ia selalu bersandar kepada Allah.

Hingga ia tidak terpengaruh oleh godaan dunia.

Keadilan suami pula terletak pada keridloan istrinya.

Karena ia juga bersandar kepada Allah.

Anak-anak pula adalah amanah Allah yang wajib dididik dan diasuh agar kenal, cinta, patuh dan takut kepada Allah.

Keluarga seperti ini hanya akan berwujud jika mereka mendapatkan pimpinan mursyid yg memberikan contoh didikan dan pimpinan.
…Baca Selengkapnya di sini!

Koreksi Tarjamah Basmallah

Koreksi Tarjamah Basmallah

بِسمِ اللَّهِ الرَّحمٰنِ الرَّحيمِ

Bismillahirrohmanirrohim biasa diterjemahkan : “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang [1]” [DEPAG]

[1] Maksudnya: saya memulai membaca Al-Fatihah ini dengan menyebut nama Allah. Setiap pekerjaan yang baik, hendaknya dimulai dengan menyebut asma Allah, seperti makan, minum, menyembelih hewan dan sebagainya. Allah ialah zat yang Maha Suci, yang berhak disembah dengan sebenar-benarnya, yang tidak membutuhkan makhluk-Nya, tapi makhluk-Nya yang membutuhkannya. Ar Rahman (Maha Pemurah): salah satu nama Allah yang memberi pengertian bahwa Allah melimpahkan karunia-Nya kepada mahkulk-Nya, sedang Ar Rahim (Maha Penyayang) memberi pengertian bahwa Allah senantiasa bersifat rahmat yang menyebabkan Dia selalu melimpahkan rahmat-Nya kepada makhluk-Nya.

Koreksi yang benar adalah : “Dengan nama Allah yang Maha Luas dan kekal belas kasih-Nya kepada orang mukmin, serta Maha Penyayang kepada semua makhluk-Nya”. …Baca selengkapnya di sini!

Membuat Game Tetris dengan Java

Membuat Game Tetris dengan Java
Game Tetris merupakan salah satu dari beberapa game computer yang terpopular yang pernah ciptakan. Game orisinalnya sih didisain dan diprogram oleh seorang programmer Russia yang bernama Alexey Pajitnov pada tahun 1985. Sejak saat itu, Tetris tersedia hampir pada seluruh platform komputer dengan berbagai variasinya.
Tetris merupakan sebutan bagi permainan yang ada block puzzle runtuh. Pada game ini, saya mempunyai 7 bentuk berbeda yang bernama tetrominoes. S-shape, Z-shape, T-shape, L-shape, Line-shape, Mirrored L-shape and a Square-shape. Masing-masing dari bentuk-bentuk ini terbuat dari 4 balok. Bentuk-bentuk tersebut berjatuhan ke papan game (board). Cara permainan tertris ini adalah dengan cara memindahkan dan memutarkan bentuk-bentuk tersebut, sehingga mereka bias masuk dengan benar. Jika kita benar mengatur shape2 tersebut baris demi baris, garis tersebut akan hancur dan kita mendapatkan skor. Kita memainkan game tetris sampai habis spes tetrisnya. …Baca selengkapnya di sini!